24/11/11

Agama Itu Nasehat

Asy-Syaikh Abdurrahman bin Nashir as-Sa’dysemoga Allah merahmatinya – berkata :
Agama Itu Nasehat [1]
1. Nasehat untuk Allah :

Yaitu menegakkan penghambaan kepada-Nya secara lahir dan batin dengan ikhlash yang sempurna. Dan ia menyempurnakan seluruh bagian penghambaan secara lahir dan batin, melakukan penghambaan (kepada-Nya) dengan batas kemampuan yang ia miliki dan berkeinginan kuat untuk melakukan apa yang ia tidak mampu atasnya, ketika ia mampu.

2. Nasehat untuk Kitab Allah :

Yaitu bersungguh-sungguh memahami lafadz-lafadz dan makna-maknanya sesuai dengan kemampuannya. Dan ia giat dalam mengamalkan dan berdakwah kepadanya.


3. Nasehat untuk Rasul (utusan) Allah Shalallahu 'alaihiwassalam :

Yaitu dengan kesempurnaan iman kepadanya, mencintai dan menaatinya, mengikutinya, mengedepankan perkataan, petunjuk, dan alur hidupnya di atas setiap perkataan, petunjuk, dan jalan hidup selainnya. Dan ia menolong apa yang Beliau r bawa.


4. Nasehat untuk Pemimpin-pemimpin Muslimin :

Mereka adalah penguasa, pemerintah, dan wali mereka. Yaitu : dengan mengakui kepemimpinan mereka, menjalankan agama dengan mendengar dan taat kepada mereka, menasehati dan menolong mereka dengan perkataan dan perbuatan dalam kebaikan yang mereka laksanakan.

5. Nasehat untuk Keumuman Kaum Muslimin :

Dia mencintai untuk mereka apa yang ia cintai untuk dirinya sendiri. Dan ia membenci bagi mereka apa yang ia benci untuk dirinya sendiri.

Ia mengajarkan ilmu kepada yang tidak tahu, menasehati seseorang yang lalai dari kewajiban atau berbuat keharaman, membimbing orang-orang yang berbeda tingkatan-tingkatannya kepada apa-apa yang terdapat kebaikan dalam urusan agama dan dunia mereka.

Ia berdakwah kepada hal-hal tersebut seluruhnya dan menjauhi penipuan kepada mereka dengan perkataan dan perbuatan. Dan ia bermuamalah dan menunaikan hak-hak bagi yang memiliki hak atas orang lain.

(Al-Fatawa As-Sa'diyyah, hal. 56 - 57)

[1] Ini sebagaimana datang dalam hadits Tamim bin Aus ad-Daary yang diriwayatkan Imam Muslim dalam shahihnya bahwa Rasulullah r bersabda :
(( الدين النصيحة ))

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes