26/11/11

Bagaimana Cara Menyempurnakan Nilai Amalan?

Nilai suatu amalan akan sempurna dengan  terpenuhinya dua syarat.

Asy-Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab al-Wushaby al-Yamany  - semoga Allah menjaganya – berkata :

Dan keduanya adalah syarat penyempurna (amalan) :
1.      Beramal dengan kekuatan (bersungguh-sungguh).
Allah Ta’ala berfirman :
 خُذُواْ مَا آتَيْنَاكُم بِقُوَّةٍ ﴿٦٣﴾
Ambillah apa yang telah Kami datangkan kepada kalian dengan teguh. Q.S. Al-Baqarah : 63 & 93, Al-A’raaf : 171.

Dan Allah Ta’ala berfirman :
فَخُذْهَا بِقُوَّةٍ وَأْمُرْ قَوْمَكَ يَأْخُذُواْ بِأَحْسَنِهَا ﴿١٤٥﴾
Berpeganglah kepadanya dengan teguh dan suruhlah kaummu berpegang kepada (perintah-perintahnya) dengan sebaik-baiknya. Q.S. Al-A’raaf : 145.

Dan Allah Ta’ala berfirman :
يَا يَحْيَى خُذِ الْكِتَابَ بِقُوَّةٍ ﴿١٢﴾
Hai Yahya, ambillah Al Kitab (Taurat) itu dengan sungguh-sungguh. Q.S. Maryam : 12.

Dan (bersungguh-sungguh) ini menyelisihi perbuatan orang-orang munafik, sebab mereka tidak berpegang teguh kepada agama. Mereka hanya mengambilnya dengan kelalaian dan rasa malas.

Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّ الْمُنَافِقِينَ يُخَادِعُونَ اللّهَ وَهُوَ خَادِعُهُمْ وَإِذَا قَامُواْ إِلَى الصَّلاَةِ قَامُواْ كُسَالَى يُرَآؤُونَ النَّاسَ وَلاَ يَذْكُرُونَ اللّهَ إِلاَّ قَلِيلاً ﴿١٤٢﴾ مُّذَبْذَبِينَ بَيْنَ ذَلِكَ لاَ إِلَى هَـؤُلاء وَلاَ إِلَى هَـؤُلاء وَمَن يُضْلِلِ اللّهُ فَلَن تَجِدَ لَهُ سَبِيلاً ﴿١٤٣﴾

142. Sesungguhnya orang-orang munafik itu menipu Allah, dan Allah akan membalas tipuan mereka. Dan apabila mereka berdiri untuk shalat mereka berdiri dengan malas. Mereka bermaksud riya (dengan shalat) di hadapan manusia. Dan tidaklah mereka menyebut Allah kecuali sedikit sekali.

143. Mereka dalam keadaan ragu-ragu antara yang demikian (iman atau kafir): tidak masuk kepada golongan ini (orang-orang beriman) dan tidak (pula) kepada golongan itu (orang-orang kafir). Barangsiapa yang disesatkan Allah, maka kamu sekali-kali tidak akan mendapat jalan (untuk memberi petunjuk) baginya. Q.S. An-Nisaa’ : 142 – 143.

Dan Allah Ta’ala berfirman :
وَمَا مَنَعَهُمْ أَن تُقْبَلَ مِنْهُمْ نَفَقَاتُهُمْ إِلاَّ أَنَّهُمْ كَفَرُواْ بِاللّهِ وَبِرَسُولِهِ وَلاَ يَأْتُونَ الصَّلاَةَ إِلاَّ وَهُمْ كُسَالَى وَلاَ يُنفِقُونَ إِلاَّ وَهُمْ كَارِهُونَ ﴿٥٤﴾
Dan tidak ada yang menghalangi mereka untuk diterima dari mereka nafkah-nafkahnya melainkan karena mereka kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka tidak mengerjakan shalat, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan.
Q.S. At-Taubah : 54.

2.       Bersegera dalam beramal.

Allah Ta’ala berfirman :
وَلَا تَنِيَا فِي ذِكْرِي ﴿٤٢﴾
Pergilah kamu beserta saudaramu dengan membawa ayat-ayat-Ku, dan janganlah kamu berdua lalai dalam mengingat-Ku. Q.S. Thaaha : 42.

Dan Allah Ta’ala berfirman :
فَاسْتَبِقُوا الخَيْرَاتِ ﴿٤٨﴾
Maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan.
Q.S. Al-Baqarah : 148, Al Maidah : 48.

Dan Allah Ta’ala berfirman :

وَيُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَأُوْلَـئِكَ مِنَ الصَّالِحِينَ ﴿١١٤﴾
Dan mereka bersegera kepada (mengerjakan) pelbagai kebajikan; mereka itu termasuk orang-orang yang saleh. Q.S. Ali-Imraan : 114.

Dan Allah Ta’ala berfirman :

إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ ﴿٩٠﴾
Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik . Q.S. Al-Anbiyaa’ : 90.

أُوْلَئِكَ يُسَارِعُونَ فِي الْخَيْرَاتِ وَهُمْ لَهَا سَابِقُونَ ﴿٦١﴾
Mereka itu bersegera untuk mendapat kebaikan-kebaikan, dan merekalah orang-orang yang segera memperolehnya. Q.S. Al-Mukminuun : 61.

Dan Allah Ta’ala berfirman :

وَسَارِعُواْ إِلَى مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا السَّمَاوَاتُ وَالأَرْضُ أُعِدَّتْ لِلْمُتَّقِينَ ﴿١٣٣﴾
Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa. Q.S. Ali-Imraan : 133.

Dan Allah Ta’ala berfirman :

سَابِقُوا إِلَى مَغْفِرَةٍ مِّن رَّبِّكُمْ وَجَنَّةٍ عَرْضُهَا كَعَرْضِ السَّمَاء وَالْأَرْضِ أُعِدَّتْ لِلَّذِينَ آمَنُوا بِاللَّهِ وَرُسُلِهِ ذَلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَن يَشَاءُ وَاللَّهُ ذُو الْفَضْلِ الْعَظِيمِ ﴿٢١﴾
Berlomba-lombalah kamu kepada (mendapatkan) ampunan dari Tuhanmu dan surga yang luasnya seluas langit dan bumi, yang disediakan bagi orang-orang yang beriman kepada Allah dan Rasul-rasul-Nya. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan Allah mempunyai karunia yang besar. Q.S. Al-Hadiid : 21.

(Al-Qaulul Mufiid fi Adillatit Tauhid, hal. 173 – 174 )

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes