16/11/11

Derajat Setiap Orang Sesuai Amalannya

بسم الله الرحمن الرحيم

Allah Ta’ala berfirman:

وَلِكُلٍّ دَرَجَاتٌ مِّمَّا عَمِلُوا وَلِيُوَفِّيَهُمْ أَعْمَالَهُمْ وَهُمْ لَا يُظْلَمُونَ ﴿١٩﴾

Dan bagi masing-masing mereka derajat menurut apa yang telah mereka kerjakan,
 dan agar Allah mencukupkan bagi mereka (balasan) amalan-amalan mereka sedang mereka tiada dirugikan/ dizhalimi. Q.S. Al-Ahqaaf: 19

 Faedah-faedah penting dari ayat mulia ini diantaranya:

1.            Bagi setiap orang –termasuk jin- mendapat balasan sesuai jenis amalannya. Jika baik akan dibalas dengan kebaikan. Apabila jelek maka mendapat kejelekan.

2.            Pelaku kebaikan antara satu dengan lainnya berbeda tingkatannya. Sebagaimana pelaku amalan kejelekan demikian pula. Masing-masing mendapatkan kedudukan dan derajat berdasar sedikit banyak amalan kebaikan atau kejelekannya.

3.            Surga seluruhnya kenikmatan dan tingkatannya berjenjang ke atas. Semakin tinggi tingkatannya semakin besar nikmat bagi penghuninya.

4.            Neraka seluruhnya adab –wal’iyadzubillah - dan tingkatannya ke bawah. Semakin ke bawah derajatnya semakin pedih adzab bagi penghuninya.

5.            Allah itu Maha Adil, akan membalas setiap orang pada hari kiamat sesuai apa yang dahulu mereka lakukan di dunia. Dia tidak akan menambah kejelekan dan tidak mengurangi kebaikan mereka sedikit pun.

6.            Allah tidak lalai sedikit pun dari segala perbuatan hamba-hamba-Nya.

7.            Allah itu Maha Kaya dan Maha Mulia tidak butuh kepada ketaatan/ perbuatan baik manusia bahkan setiap insan butuh beramal shalih dan menaati-Nya untuk kebaikan bagi mereka sendiri nantinya. Dan Allah tidak terkurangi kemuliaannya dengan kemaksiatan yang dilakukan hamba-Nya, bahkan setiap orang yang harus berjuang memuliakan dirinya di sisi Allah dengan meninggalkan kemaksiatan pada-Nya untuk berlindung dari adzab-Nya yang amat pedih.

8.            Ayat-ayat lain yang semisal ayat ini diantaranya:

هُمْ دَرَجَاتٌ عِندَ اللّهِ واللّهُ بَصِيرٌ بِمَا يَعْمَلُونَ ﴿١٦٣﴾

Kedudukan mereka itu bertingkat-tingkat di sisi Allah, dan Allah Maha Melihat apa yang mereka kerjakan.  Q.S. Ali Imraan: 163

وَلِكُلٍّ دَرَجَاتٌ مِّمَّا عَمِلُواْ وَمَا رَبُّكَ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعْمَلُونَ ﴿١٣٢﴾

Dan masing-masing orang memperoleh derajat-derajat (seimbang) dengan apa yang dikerjakannya. Dan Tuhanmu tidak lengah dari apa yang mereka kerjakan. Q.S. Al-an’aam: 132.

Rujukan :

·          Taisirul Karimir Rahman As-Sa’dy,

·         Tafsir Ath-Thabary

·         Tafsir Ibnu Katsir

·         Fathul Qodir Asy-Syaukani

·         Tafsir Al-Baghowy

·         Al-Jami li Ahkamil Qur’an Al-Qurthuby

0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes