11/02/12

Raihlah Kecukupan dan Kepuasan dari Al-Qur’an dan Sunnah

Allah Ta’ala berfirman:
أَوَلَمْ يَكْفِهِمْ أَنَّا أَنزَلْنَا عَلَيْكَ الْكِتَابَ يُتْلَى ﴿٥١﴾
Dan apakah tidak cukup bagi mereka bahwasanya Kami telah menurunkan kepadamu Al Kitab (Al Qur'an) sedang dia dibacakan kepada mereka? Q.S. Al-Ankabuut: 51.
Al-Imam Ibnul Qayyim – rahimahullah – berkata:
“Maka, siapa yang Al-Qur’an tidak menyembuhkannya maka Allah pasti tidak memberi kesembuhan kepadanya. Dan siapa yang ia (Al-Qur’an) tidak mencukupkannya, maka Allah pasti tidak memberi kecukupan kepadanya.
Abu Ibrahim (Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab al-Wushaby al-Yamani) berkata:
“Dan siapa yang Al-Qur’an dan sunnah tidak mencukupinya, maka Allah pasti tidak memberi kecukupan, dan siapa yang tidak qana’ah(terpuaskan) dengan Al-Qur’an dan sunnah, maka Allah pasti tidak memberi kepuasan kepadanya.”
(Al-Qaulul Mufid fi Adillatit Tauhid, Syaikh Muhammad bin Abdul Wahhab al-Wushabi , hal. 181)
Saudaraku muslim – muslimah...
Siapa yang mencari kepuasan dan kecukupan dengan akal dan hawa nafsunya, maka ia laksana  seorang musafir yang kehausan, lalu meminum air dari lautan. Itu tidak menghilangkan hausnya kecuali sesaat. Bahkan, setelah itu ia akan merasakan kehausan yang lebih dahsyat.
Maka, reguklah nikmat mata air ilmu dari Al-Qur’an dan Sunnah yang akan membasahi raga dan batinmu.
Di dunia, keduanya akan menyehatkan hatimu, menjaga jasadmu dari perbuatan hina, dan akan mendorongnya untuk berbekal amalan shalih menuju surga-Nya.
Di akhirat, kelak bagi yang beramal dengan keduanya di dunia, maka akan memberatkan timbangan kebaikannya dan melindunginya dari jilatan api neraka yang menyala-nyala.
و الله تعالى أعلم بالصواب.








0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes