24/12/11

Membangunkan Anak untuk Shalat ketika Cuaca Dingin?

Saya memiliki anggota keluarga berusia  9 – 11 tahun dan saya membangunkan mereka (di pagi hari) untuk shalat. Dan pada shalat fajar(shubuh) cuaca dingin. Sebagian khatib melarangku, mereka katakan: “Sesungguhnya kamu berdosa terhadap anak-anak kecil itu.” Sekarang kami tanyakan: apakah saya berdosa atau tidak?


Al-Lajnah Ad-Daimah lil Buhutsil ‘Ilmiyyah wal Ifta’ (Dewan Tetap untuk Pembahasan Ilmiah dan Fatwa) Arab Saudi menjawab:

 Jika realita seperti yang anda sebutkan, maka anda telah berbuat baik – semoga Allah membalasmu dengan kebaikan -.

Dan kami berharap semoga Allah memberimu pahala serta menjadikanmu teladan yang baik bagi orang-orang lain yang memiliki anak.

Dan telah salah seseorang yang menyebut: kamu berdosa. Dan kami berharap semoga Allah mengampuninya, memberinya taufik kepada kebenaran, dan mendorongnya melakukan kebaikan.

Ahmad, Abu Daud, dan al-Hakim  telah meriwayatkan dari Abdullah bin ‘Amr – semoga Allah meridhai keduanya – bahwa Nabi – shalallahu ‘alaihi wasallam – bersabda :

( مُرُوْا أَوْلَادَكُمْ بِالصَّلَاةِ لِسَبْعٍ وَاضْرِبُوهُمْ عَلَيْهَا لِعَشْرٍ وَفَرِّقُوْا بَيْنَهُمْ فِي الْمَضَاجِعِ )

Perintahkan anak-anak kalian yang berusia tujuh tahun untuk shalat dan pukullah mereka atasnya untuk yang berusia sepuluh tahun. Dan pisahkan tempat tidur mereka!

Hadits mulia ini umum (memerintahkan anak shalat) di waktu musim dingin atau selainnya.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم .


اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء من الفتوى رقم 13135


0 comments:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes